No image available

6 Daftar Makanan Khas Ambon : Papeda Gulung, Sambal Colo, Ikan Komu Asar DLL

Sajian Kuliner dari Ambon yang Eksotis dan Wajib Dicicipi

Ambon merupakan kota yang menjadi ibukota Maluku di sebelah Indonesia Bagian Timur. Tiap daerah di Indonesia mempunyai keistimewaannya masing-masing mulai dari bahasa, kebiasaan, budaya, dan makanan. Ambon pun memiliki ciri khasnya sendiri.

Disamping itu ambon juga jadi salah satu kota yang mempunyai tempat wisata yang sangat indah khususnya di pemandangan laut yang amat eksotis.

Bila kalian berwisata ke Ambon ada sejumlah kuliner khas Ambon yang musti kalian cicipi karena sangat sayang sekali jika kalian melewati liburan kalian di Ambon tanpa mencicipi beragam kuliner khas dari kota ini.

Sebab kuliner khas yang berada di kota ini mungkin tidak bisa kalian temukan di lokasi lain atau kota lain, terutama di kota-kota besar di pulau Jawa.

Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda merupakan kuliner tradisional yang terdapat di daeraha Maluku. Kuliner ini sudah ada semenjak beberapa abad yang lalu. Hidangan yang satu ini ialah kuliner yang kaya akan rempah-rempah dan ngetop karena keenakannya.

Malah pada jaman Belanda, kuliner yang satu ini sempat disajikan untuk setiap petinggi Belanda yang berwisata ke Pulau Banda.

Kuliner ini terbuat dari ikan menjadi bahan utamanya lalu ditambah urap daun papaya dan sambal bekasang yang dibuat dari ikan cakalang menjadi bahan pelengkapnya. Jika kalian datang ke Ambon jadikan kuliner yang satu ini kedalam daftar kuliner buruan kalian.

Nasi Lapola

Banyak yang berpikir kuliner pokok dari orang Ambon atau Maluku ialah sagu. Tetapi tetap ada kuliner khas Ambon yang berbentuk nasi. Nasi lapola adalah nasi yang dimasak bersama dengan kacang tolo rebus, garam, dan kelapa parut.

Tetapi sebelum dicampurkan bahan ini bersama nasi, nasi terlebih dulu di masak setengah matang baru dicampur bahan-bahan tembahan yang telah anda buat itu dan masak sampai matang. Kuliner ini juga cukup ngetop di Ambon.

Ikan Komu Asar

Ikan ini salah satu kuliner yang sangat ngetop di Ambon. Ikan komu asar merupakan hidangan yang tergolong sangat sederhana yakni ikan cakalang yang telah dibersihkan dimasak dengan dijepit dengan batang bambu lalu dibumbui dan dimasak dengan teknik diasapi hingga matang.

Normal nya tuk sampai matang memerlukan waktu setidaknya satu jam. Disamping ikan cakalang yang jadi bahan utama pembuatnya kadang juga dipakai ikan lain misalnya ikan tongkol atau ikan tuna. Ikan komu asar amat pas anda nikmati dengan kuliner khas lainnya semacam sambal colo-colo.

Sambal Colo-colo

Sambal colo-colo merupakan sambal yang amat terkenal di Maluku. Tidak sedikit yang selalu memakai sambal ini menjadi pelengkap menu makanan mereka. Sambal colo-colo bisa dengan mudah dibuat, sambal tersebut dibuat dari bawang merah, caber rawit, tomat, garam, perasan jeruk nipis.

Dan yang menarik adalah seluruh bahan tersebut tak dihaluskan atau diulek cuma dengan diiris-iris dan dicampur jadi satu. terkadang pula ditambah irisan kenari mentah, daun kemangi atau kecap manis.

Bubur Sagu Ubi

Salah kuliner khas dari Ambon ialah Bubur sagu ubi. Bubur sagu ubi dibuat dari sagu lempengan yang direndam, rebusan gula merah, daun pandan, gula pasir.

Sehabis semua bahan-bahan tersebut sudah siap campurkan semua menjadi satu lalu ditambah dengan ubi merah rebus dan santan. Tuk topping bisanya dengan taburan kenari tuk memperlezat rasanya.

Papeda

Papeda merupakan makanan dari Maluku yang cukup terkenal. Kuliner tersebut terbuat dari sagu, dan hasilnya tampak seperti lem.

Kuliner ini memilki rasa yang tawar semisal nya nasi, oleh sebab itu papeda ialah menu pokok yang umumnya disajikan dengan menu lauk semacam ikan tongkol yang sudah dibumbui menggunakan kunyit. Namun hidangan ini bisa dipadukan dengan menu lauk yang lain.

tag:bur Sagu Ubi, Ikan Komu Asar, Ikan Kuah Pala Banda, Nasi Lapola, Papeda, Sambal Colo-colo

Leave a Reply

Your email address will not be published.