No image available

Pemilik Klub Terkaya di Liga Premier Inggris

Pemilik Klub Terkaya di Liga Premier Inggris

Pemilik Klub Terkaya di Liga Premier Inggris – Pasar transfer musim panas telah sah dibuka dan para pemilik klub internasional mendapatkan desakan untuk mengeluarkan uangnya untuk memboyong pemain baru. Tidak terkecuali di EPL yang terkenal sangat royal ketika membayar pemain. Klub Liga Premier Inggris yang mempunyai kekuatan keuangan yang kuat jelas dapat dengan gampang memperoleh pemain targetnya. Hal tersebut tak terlepas dari melimpahnya kucuran dana yang sudah diberikan oleh pemilik klub.

Siapa sajakah pemilik klub yang sudah mengalirkan dana besar kepada klub-klub Premier League? Di bawah ini daftarnya:

Manchester City (Investor: Pemerintah Tiongkok – Investasi: 265 juta pounds) – Sheikh Mansour merupakan orang yang membeli klub Manchester City hingga dapat merubah sepakbola Inggris, akan tetapi sebetulnya pemerintah Tiongkok lah yang berinvestasi paling besar di klub. Grup CITIC telah menginvestasikan modal sebesar 265 jt poundsterling ke dalam skuat, sedangkan Sheikh Mansour, yang adalah seorang wakil perdana menteri UEA, mengguyurkan dana sebesar 210 jt poundsterling ke dalam tim. City telah berevolusi sangat cepat dalam sekian musim belakangan. Mereka berpindah dari team kelas memnengah menjadi tim yang dapat mendatangkan manajer sekelas Pep Guardiola dan juga sejumlah pesepakbola terbaik dunia.

Liverpool (Investor: John W. Henry – Investasi: 300 juta pounds) –  Pemilik utama Liverpool mempunyai kekayaan kurang lebih 1,8 miliar poundsterling yang berasal dari bisnis dan investasi. Ia pun mempunyai team baseball Boston Red Sox juga koran Boston Globe. Liverpool belum mengadakan transfer yang mendatangkan atensi dalam sekian musim belakangan. Pelatih Jurgen Klopp cenderung bekerja dengan efisien, hal tersebut dapat dilihat dari perekrutan Dominic Solanke dengan cuma-cuma dari Chelsea. Walaupun begitu, klub ini baru saja menyelsaikan transfer Mohamed Salah dari AS Roma seharga 37 juta pounds. Team yang berbasis di Anfield tersebut tetap belum sempat menjuarai Premier League dan hal tersebut harus menjadi target utama investor asal Amerika Serikat tersebut.

Arsenal (Investor: Stan Kroenke – Investasi: 450 juta pounds) –  Kroenke adalah pemegang saham yang paling besar di Arsenal. Kekayaan bersihnya kira-kira hingga 5,9 miliar poundsterling, tapi hal tersebut justru tak membuat Arsenal sangat royal di pasar transfer. Arsenal adalah klub Premier League yang lumayan konsisten sepanjang 20 tahun belakangan, namun sudah lebih dari 10 tahun tak menjuarai titel Premier League hingga membuat para fans menjadi gelisah. Mereka malah saat ini menjadi bertambah gusar lantaran Arsenal tidak mau mengalirkan dana transfer yang besar. Di musim kemarin, Arsenal untuk yang pertama kalinya finish di luar zona Liga Champions semenjak Arsene Wenger memimpin dan miliarder Rusia Alisher Usmanov, yang telah menginvestasikan lebih dari 157 jt poundsterling, sudah siap untuk menambah sahamnya di Arsenal.

Manchester United (Investor: Keluarga Glazer – Investasi: 800 juta pounds) – Keluarga Glazer memiliki bisnis real estate dan retail, dan juga memperoleh keuntungan yang bersih dari kepemilikan klub olahraga semisal The Red Devils dan Tampa Bay Buccaneers. Keluarga ini pernah mendapatkan kecaman dari fans The Red Devils, khususnya saat memimpin tim di tahun 2005. Akan tetapi semenjak itu mereka mendapatkan support penuh usai membuat MU menjadi klub paling kaya di dunia. Tidak hanya itu, mereka pun memperlihatkan kesediaannya untuk mengalirkan banyak uang dengan menjadikan Paul Pogba sebagai pesepakbola paling mahal di dunia. Akan tetapi, kesuksesannya di lapangan belum begitu terlihat. Mereka memiliki kendala mengembalikan masa keemasan di era Sir Alex Ferguson dan selesai di bawah 4 besar pada musim yang lalu walau klub besutan Jose Mourinho sanggup menjuarai Liga Europa.

Chelsea (Investor: Roman Abramovich – Investasi: 2 miliar pounds) – Sejauh ini, orang yang sudah berinvestasi besar di EPL ialah Roman Abramovich, yang sudah mengalirkan 2 miliar poundsterling ke Chelsea semenjak mengambil alih klub tersebut di tahun 2003. Meski pada awalnya hanya sekedar pedagang jalanan, Abramovich saat ini telah menjadi pebisnis kaya raya hingga sanggup menjadikan Chelsea diperhatikan di Eropa. Dari saat itu, Chelsea dapat menggapai berbagai keberhasilan termasuk 5 titel Premier League dan Liga Champions di tahun 2012. Chelsea masuk ke musim 2017-18 dengan status juara bertahan EPL dan akan mengadakan transfer besar pada musim panas sekarang ini untuk menghadapi tantangan di panggung Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.